10 Tips Merawat Sepatu Safety Dengan Baik

Hasil gambar untuk merawat sepatu safety

Harga sepatu safety terbaru (safety shoes) cukup mahal dibanding dengan jenis sepatu lainya, karena terbuat berbahan yang berkualitas manfaat aspek keamanan. Bahan paling utama dari sepatu ini yaitu kulit yang dipadukan dengan metal, bagian bawahnya (sol) terbuat dari karet tebal dan ulet. Dengan bahan yag seperti itu anda akan aman dari kecelakaan.

Tetapi tiap-tiap barang jika tak dirawat maka akan cepat rusak, dan perawatan sepatu safety yaitu hal yang paling utama, terutama manfaatnya sebagai pelindung diri baik dari benda tajam, panas ataupun benda-benda berat. Kita semuanya tidak mau sepatu safety yang dipakai tak menggerakkan manfaatnya, akibat kita tak atau kurang merawatnya dengan baik.

Oleh karena itu tersebut ada 10 tips untuk menjaga sepatu safety dengan baik :

  1. Taruhlah sepatu pelindung pada tempat yang kering dan suhu tengah karena bahan dasarnya terbuat dari kulit. Kulit akan gampang menjamur apabila di taruh di tempat lembab, apabila sepatu telah menjamur maka akan cepat jebol. Disimpan disuhu tengah mempunyai tujuan supaya bahan karet di bagian bawah sepatu tak cepat rusak karena pemanasan suhu, umpamanya di taruh di bawah cahaya matahari.
  2. Membersihkan dan menyemir sepatu dengan cara teratur yaitu hal paling utama dan penting dalam perawatan sepatu ini. Apabila sepatu tidak sering untuk dicuci dan disemir maka akan kotor dan dekil. Anda pasti akan tidak ingin memakai sepatu dekil dan kotor untuk pergi kerja. Diluar itu. Sepatu akan cepat rusak dan jebol jika sangat lama dalam keadaan dekil dan kotor.
  3. Cuci sepatu safety dengan deterjen yang berbentuk lembut. Apabila anda membersihkan sepatu ini dengan deterjen yang besifat keras maka bahan pewarnya sepatu akan sirna karena itu, hal semacam ini akan membuat warna sepatu jadi luntur dan buruk untuk digunakan. Lalu,
  4. Apabila sepatu safety telah menjamur maka cara paling pas dalam membersihkanya yaitu dengan memakai pembersih semprot spesial. Sesudah disemprot keseluruhannya maka sikatlah bagian yang menjamur dengan sikat halus (contoh sikat gigi). Janganlah sangat keras dalam menggosokanya supaya warna sepatu tak sirna. Sesudah disikat dan dibasuh maka jemurlah pada ruang yg tidak segera terserang cahaya matahari. Jika anda mempunya kipas angin maka kipasilah sepatu denganya supaya sistem penjemuran cepat usai.
  5. Jika sepatu safety berwarna putih maka cuci dengan dterjen yang lebih lembut. Anda dapat memakai odol dalam mencucinya. Ratakan dan sikat sepatu dengan cara rata supaya kulitnya tak rusak dan tahan lama.
  6. Jemurlah sepatu pelindung pada terika matahari yang tidaklah terlalu panas, sekitaran 7 hingga 11 menit. Karena apabila sangat panas pastinya dalam penjemuran berkali-kali akan mengakibatkan kerusakan bahan sepatu dari metal dan karet. Pada saat menjemur, anda janganlah lupa untuk menyimpan ganjalan pada sepatu pelindung. Hal semacam ini ditujukan supaya bentuk sepatu tak beralih atau kusut karena kulit sepatu gampang beralih bentuk dan kusut karena air dan panas. Bahan ganjalan yang dapat anda pakai yaitu kain kering yang bersih atau gabus.
  7. Janganlah sekali-kali menggunakan sepatu dalam kondisi basah. Karena kaki yang basah bisa cepat menebarkan bakteri dan kuman dengan cara cepat. Apabila bakteri dan kuman telah berkembang maka sepatu safety akan cepat bau dan dapat menebarkan penyakit. Gunakanlah sepatu dalam keadaan kaki kering, apabila anda dalam kondisi tergesa-gesa maka laplah kaki basah anda dengan handuk kering sebelumnya menggunakan sepatu.
  8. Sepatu yang bau umumnya dikaibatkan oleh kaki kerap berkeringat. Banyak oran yang alami hal semacam ini. Untuk mengatasinya maka kaki anda mesti betul-betul kering saat menggunakan sepatu. Lalu gunakanlah kaos kaki yang bersih supaya tak ada bakteri dan kuman yang terbawa. Setelah itu cuci dengan cara teratur sepatu dan kaos kaki anda dengan cara teratur supaya sepatu dan kaki anda bebas dari bau tidak enak.
  9. Sepatu safety yang wangi dapat anda peroleh apabila anda memakai semprotan spesial sepatu (shoes spray). Cara penggunaanya yakni sepmrotkanlah pewangi pada luar dan dalam sepatu, kemudian biarlah sepanjang 10 menit supaya cairan pewangi itu jadi kering dan menempel kalapisan sepatu. Nah sesudah 10 menit maka anda dapat menggunakannya dengan yakin diri.
  10. Apabila bagian sepatu telah ada yang mengelupas, terkuat atau copot maka rkatkan kembali dengan memakai lem sepatu. Jangan sampai memakai lem lain seperti lem besi, lem kayu atau lem pvc untuk merekatnkanya karena akan mengakibatkan kerusakan bagian sepatu dan sambungan yang dibuat tak kuat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s